Beranda » Uncategorized » Jawaban Persoalan Zayed Norwanto

Jawaban Persoalan Zayed Norwanto

Persoalan ini dilontarkan oleh Zayed Norwanto kepada saya dengan kalimat tambahan “ngga bisa menyelesaikannya”. Waduh…langsung kepikiran nih, kalau siswa sekaliber Zayed ngga bisa kayanya ngga mungkin. He..he..barangkali mau mencocokkan jawaban dengan jawaban saya saja kali.. Persoalannya begini?
zayed-11
Luas Maksimum dari daerah pada gambar yang diarsir di samping adalah … .
Penyelesaian.

Persoalan di atas merupakan persoalan untuk mengecek pemahaman siswa tentang aplikasi turunan atau konsep mengenai nilai maksimal dari suatu fungsi kuadrat.
Rumus Luas daerah yang diarsir = p x l.
Kita misalkan panjang dari daerah yang diarsir adalah x. Dengan mensubsitusi nilai x ke persamaan 2x + y = 4, akan kita dapatkan nilai y = 4 – 2x (lebar dari daerah yang diarsir). Ilustrasi dalam bentuk gambar adalah sebagai berikut :
zayed2-copy
Luas = p x l, dengan p = x dan l = 4 – 2x, maka
Luas = x (4 – 2x)
Luas = 4x – 2x2
Luas’ = 4 – 4x,
Jika L’= 0, maka kita dapatkan nilai x = 1 (nilai panjang yang menyebabkan luas maksimum).
Dengan mensubsitusi nilai x ke Luas, kita dapatkan L = 4.1 -2.(12) = 2
Jadi luas maksimum daerah yang diarsir adalah 2 satuan luas.
Bagaimana kalau ditanya lebar yang menyebabkan luas daerahnya maksimum. Kamu tinggal subsitusi nilai x ke (4 -2x)….gampang kan.

Pembahasanmu berbeda dengan pembahasan di atas. Perhatikan cara kedua berikut ini :
zayed3-copy
Nilai maksimum = (1/2)a x (1/2)b = (1/4)a.b
Karena b = 4 dan a = 2,maka Luas maksimum = 2.
Nah …. sama kan jawaban saya dengan jawaban kamu Zayed?


5 Komentar

  1. ilham mengatakan:

    om coba tulis pakai ini : 4x – 2×2,

  2. benzena mengatakan:

    om coba tulis kaini pang

    4x – 2×2

  3. benzena mengatakan:

    kada paham om ai
    ======
    Sudah om ai. He..he..kayanya jadi guru math wahini lih. Gikhu…Selamat….

  4. budi irwansyah mengatakan:

    wah….bro!
    soal kayak gitu ya kecil buanget pake smart solution nya primagama….

    gue tentor bro matematika gitu….

    aku jg lg s-2 di usu gt

    lihat budi-badai.blog.blogspot.com

    biar kt slg kenal….cocock???
    =======
    Hebat sampiyan Mas Budi…S2 di USU (universitas Sumatera Utara) sambil nentor di primagama sana. Kalau i ngga sanggup.
    Wuih….kalau boleh dikeluarin tuh jurus primagamanya tuk menyelesaikan persoalan tersebut. He..he…dah dicoba tuk lihat blognya..tapi hasilnya nihil…ya dicoba lain kali lg deh…biar i lebih kenal sama Mas Budi. Ciauuu.

  5. Salam kenal mas,aq adek kelasmu di jurusan matematika unesa.. Setaun lalu sempat jabat ketua bemj himatrika juga… :p
    Senang bisa bertemu alumni himatrika yg merantau ke negeri seberang….
    Kantor jurusan skrg udah berubah total mas…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: